Translate

Other Menu

.

Pengikut

Rabu, 03 Juli 2013

Sekilas mengenai Kopi dan Caffein




Apakah kopi (coffee) sodaranya kafein (caffeine)?

Nah…apa itu caffeine….hadeeeuuh binunn deh ueee….langsung aza qt kupas…

Begini…………..

Caffeine adalah sebuah bahan kimia yang mempunyai efek:
  • Stimulasi system saraf pusat
  • Stimulasi metabolisme
  • Menyerap karbohidrat (26% lebih banyak jika mengonsumsi caffeine) dan lemak lebih banyak pada saat beraktivitas

Stimulasi system saraf pusat yang meningkat akan meningkatkan alertness, wakefulness, kecepatan dalam berpikir, fokus dan koordinasi tubuh yang baik. Efek inilah yang diharapkan jika seseorang mengonsumsi kopi di pagi hari ataupun pada waktu mau beraktivitas.

Stimulasi metabolisme akan mempercepat proses metabolisme, contohnya konsumsi kopi akan mempercepat tubuh kita untuk memproduksi urin. Efek lain yang banyak dicari orang adalah tingkat penyerapan karbohidrat yang lebih tinggi jika kita mengonsumsi caffeine. Bagi beberapa orang yang sedang ingin menurunkan berat badan, efek yang terakhir ini mungkin menjadi salah satu prioritas. Efek caffeine dapat dirasakan dalam 45 menit (untuk pria dewasa yang sehat) dan akan bertahan selama 8 jam (efek caffeine akan menurun dari jam ke-3 sampai jam ke 8). Penelitian mengenai caffeine juga sudah dilakukan di dunia olah raga misalnya olah raga bersepeda dengan hasil bahwa konsumsi caffeine 9 miligram per kilogram berat badan akan meningkatkan endurance sebesar 51% (genjot teros!)

Dari efek yang telah disebutkan diatas, perlu diingat bahwa konsumsi caffeine harus sesuai dengan batasan maksimum dan tidak disarankan untuk mengonsumsi secara berlebihan. Bagi pria disarankan dua sampai tiga gelas sehari. Berbagai jenis spesies kopi mengandung kadar caffeine yang berbeda pula , Arabica misalnya mengandung hanya setengah kadar caffeine dari kopi Robusta. Cara pembuatan juga menentukan kadar caffeine dalam sebuah cangkir kopi. Misalnya espresso jika dibandingkan dengan kopi tubruk mengandung kadar caffeine lebih rendah walaupun espresso mempunyai rasanya lebih kuat/strong. Jadi kita sebaiknya mencari tahu jenis kopi dan cara pembuatannya, sehingga kita bisa mengukur kadar caffeine dengan baik.
Walaupun masih banyak lagi manfaat caffeine yang sudah terbukti melalui penelitian. Tapi bagi saya, yang paling penting dari sebuah cangkir kopi adalah bukan sekedar kadar caffeine melainkan sensasi aroma, rasa, aftertaste dan experience dalam menikmati secangkir kopi khususnya kopi dari tanah air Indonesia.

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply